rumah dengan spandek soka

Yuk ketahui tentang atap rumah dan beberapa fungsinya

Dalam sebuah bangunan atau rumah selalu memiliki makna sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan. Secara realita konsep ini memang benar ada fungsinya, karena rangkaian bangunan atau rumah tersebut memiliki atap yang tertutup sebagai pelindung dari rintik hujan dan juga teriknya sinar matahari seperti halnya pada spandek soka.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, atap rumah atau bangunan merupakan komponen penting ketika kita membangun sebuah rumah atau bangunan. Setelah dari pengertian dan fungsinya secara umum, kemudian atap juga memiliki fungsi lain sebagai penahan radiasi panas yang berlebihan, dan juga melindungi dari pergerakan angina dan juga dapat membawa material debu.

Fungsinya yang begitu penting membuat atap harus dibuat dengan beberapa pertimbangan khusus. Beberapa pertimbangan khusus untuk membuat atap tersebut yaitu dengan:

  1. Mempertimbangkan bentuk

Hal ini menjadi hal khusus agar mendapatkan atap sesuai dengan bangunan dan berfungsi secara optimal. Dengan mengetahui seberapa luas ruang yang dinaungi, luas ukuran memiliki kriteria dengan berbatas dinding-dinding bangunan. Atap rumah tersebut akan diberikan balok-balok penyangga sebagai rangka dari atap. Memperhatikan bentuk nantinya akan sangat bersinggungan dengan konsep rumah yang anda inginkan. Jika konstruksi dari bentuk atap sesuai dengan sistem rangka rigid misalnya, kemampuan berdiri tegak dan juga tidak goyah jika diterpa angin atau hujan dan badai

  1. Pemilihan sistem rangka atap

Sistem rangka menjadi salah satu hal penting karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem rangka merupakan penyangga bagi atap terhadap bangunan atau rumah. Sistem rangka ini sendiri memiliki struktur yang cukup rumit. 

Maka tidak heran dalam merangkai pun membutuhkan ahli khusus. Dalam sistem rangka atap rumah atau banguanan ini sendiri dapat dibuat dari potongan balok kayu panjangan ataupun dari rangka yang terbuat dari baja ringan. Pada sistem rangka yang terbuat dari kayu dan juga baja jelas memiliki perbedaan lagi, karena beberapa bahan material tertentu yang berasal dari baja misalnya harus diinstal dengan bantuan analisa software struktur dan prediksi muat dari baja itu sendiri. Sistem spandek soka juga bisa sama seperti ini.

  1. Memperhatikan material atap yang digunakan

Karena telah didefinisikan bahwa fungsi atap rumah sebagai pelindung, tentu atap harus terbuat dari material-material tertentu yang efektif dan aman digunakan serta dapat menjalankan fungsinya sebagai pelindung dari hujan, panas hingga badai. Atap tersendiri saat ini telah tersedia dengan berbagai pilihan, seperti misalnya atap dari tanah liat atau yang biasa disebut dengan genteng, atap terbuat dari asbes, dan juga atap yang terbuat dari material logam seperti spandek soka, atau galvalum.

Itulah beberapa pertimbangan khusus yang bisa anda jadikan referensi dari pembuatan suatu atap pada banguanan agar dapat efisien fungsi atap rumah yang anda miliki sebagai pelindung bangunan dari radiasi, terpaan hujan, panas terik matahari dan badai dari luar ruangan seperti halnya dimiliki oleh spandek soka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *