Illustrasi Penggunaan Desain Buku Tahunan

Struktur Desain Buku Tahunan Sekolah Sebagai Kenang-Kenangan

Menimba ilmu selama 3 tahun sangatlah cepat, banyak momen mengesankan selama Anda di lembaga pendidikan tersebut. Momen mengesankan dari yang sedih, kocak hingga galau karena mau lulus sebaiknya diabadikan dalam sebuah buku tahunan. Untuk menyusun desain buku tahunan, ada struktur susunannya agar terlihat keren dan cantik, yakni:

  1. Pilih tema 

Tema menjadikan dasar utama sebuah tampilan fisik buku tahunan, ada banyak konsep tema yang bisa diambil. Tema tersebut antara lain winter, spring, sunny, green house, atau milenium. Diskusikan tema tersebut kepada panitia pembuatan buku tahunan karena selera orang beragam ya.

  1. Kumpulkan foto 

Panitia khusus pembuatan buku tahunan bertugas mengumpulkan foto semua lini. Foto kegiatan belajar, foto guru, foto siswa hingga foto unik tersembunyi sebagai pengisi buku tahunan. Nantinya, jumlah foto tersebut bisa diseleksi lagi manakah yang pas untuk mengisi buku tahunan. 

  1. Kumpulkan data diri dan motto siswa 

Usai foto terkumpul, selanjutnya mendata siswa dan motto setiap siswa. Tujuannya agar ketika lulus dan menjadi alumni ingin menjalin silaturahmi lagi, tinggal buka buku tahunan untuk mendapatkan data. Isi data berupa nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, motto atau kesan selama belajar dan foto siswa. 

  1. Desain 

Semua hal di atas sudah siap, tinggal serahkan ke jasa desain buku tahunan yang akan mengerjakan semua konsep Anda. Pihak jasa pembuatan akan mengarahkan sesuai budget yang diminta, jenis kertas, ukuran, jumlah dan kapan waktu selesainya.

  1. Naik cetak 

Sebelum naik cetak, pihak jasa buku tahunan akan mengkonfirmasi tentang kesesuaian buku tahunan. Jika masih ada yang perlu direvisi tinggal menunggu hingga deal. Waktu yang dibutuhkan untuk naik cetak hingga finishing ini bisa memakan waktu maksimal 2 minggu untuk jumlah cetakan mencapai 500 buku tahunan. Jika terjadi keterlambatan, pihak jasa desain buku tahunan akan mengkonfirmasi ke panitia.

Itulah 5 susunan cara membuat desain buku tahunan, Anda bisa melihat referensi tema lain agar lebih keren. Harga cetak buku tahunan untuk setiap daerah berbeda, kisaran Rp. 50 ribu – Rp. 200 ribu tergantung dari konsep buku tahunan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *