ilustrasi espresso astoria

Tips Perawatan Mesin Kopi Espresso Astoria Agar Awet dan Tahan Lama

Jika melihat dari sisi penggunaannya, mesin Espresso Astoria umumnya lebih banyak digunakan di kafe – kafe dibandingkan digunakan secara pribadi. Hal ini tentu saja karena alasan kemudahan dalam penggunaan serta segi kepraktisan yang ditawarkan. Banyaknya keunggulan yang ditawarkan, tahukah Anda bagaimana cara merawat mesin kopi tersebut agar awet dan tahan lama?

Alasan kenapa mesin espresso Astoria banyak digunakan di kafe

Sebagai salah satu mesin pembuat kopi yang banyak digunakan di kafe – kafe yang ada di pasaran, Anda tentunya penasaran mengenai alasan mengapa mesin tersebut lebih dipilih oleh para barista, bukan? Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, bahwa penggunaan mesin espresso ini dipilih karena memang sisi penggunaannya yang mudah dan praktis. Sehingga, hal inilah yang membuat barista mengaku lebih mudah dalam menyajikan kopi nikmat dan lezat kepada konsumen tanpa perlu waktu yang lama. 

Di samping itu, alasan banyak orang lebih memilih menggunakan mesin espresso dari brand Italia ini karena memang mesin tersebut didesain dengan teknologi yang modern dan profesional dalam membuat kopi nikmat dan lezat. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan mesin berkualitas pembuat kopi espresso dari Astoria yang menawarkan banyak sekali keunggulan di dalamnya.

Bagaimana cara merawat mesin kopi Espresso Astoria agar awet dan tahan lama?

Bagi seseorang yang sudah memiliki mesin espresso kopi baik di rumah maupun di tempat bisnis kopi, maka sebaiknya untuk mengetahui beberapa tips dalam melakukan perawatan mesin tersebut. Ini sangat penting dilakukan agar penggunaan mesin tetap awet dan bisa untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Adapun cara mudah melakukan perawatan mesin espresso dari Astoria ini antara lain sebagai berikut :

  • Jauhkan dari jangkauan penggunaan bahan – bahan kimia

Pada saat membersihkan mesin espresso pembuat kopi ini, ada baiknya bagi Anda untuk jangan menggunakan bahan – bahan kimia. Ini dikarenakan, penggunaannya dapat mengendap di dalam mesin sehingga dapat berpengaruh pada cita rasa kopi yang dihasilkan nantinya.

  • Jangan membersihkan komponen mesin espresso dengan air panas

Membersihkan komponen mesin pembuat kopi dengan air panas sebaiknya juga perlu dihindari saat proses pembersihan. Hal ini lantaran penggunaannya dapat merusak komponen mesin yang terbuat dari bahan kaca, porselen maupun bahan keramik.

  • Lakukan pembersihan menggunakan sikat atau lap halus

Saat membersihkan mesin, ada baiknya Anda untuk menggunakan sikap ataupun lap halus. Meski demikian, pastikan bahwa permukaan dari sikat dan lap halus tersebut sudah benar – benar aman sehingga tidak merusak komponen mesin espresso tersebut.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan mesin pembuat kopi Espresso Astoria agar penggunaannya tetap awet dan tahan lama. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *