Illustrasi Penggunaan Convection Oven Gas

Ini Dia Cara Menggunakan Convection Oven Gas yang Baik dan Benar

Anda pastinya sudah tahu apa itu convection oven gas beserta fungsi dan kelebihannya bukan? Lalu bagaimana cara penggunaan dari oven satu ini? ternyata penggunaannya cukup mudah, baik buat pemula sekalipun. hal ini karena urutannya sudah jelas mulai menyalakan oven sampai memasukkan adonan. Simak langkah-langkah penggunaan mesin oven convection berikut ini.

Menyambungkan Regulator

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyambungkan regulator gas ke tabung LPG. Pastikan tidak ada kebocoran. Caranya adalah cek apakah ada bunyi atau gas yang keluar atau tidak. Kalau sudah aman dan tidak ada gas yang keluar dari tabung, Anda bisa langsung menggunakannya. Kemudian sambungkan colokan listrik dari oven ini ke tabung gas LPG yang telah disediakan. 

Menyalakan Oven

Kemudian Anda sudah bisa menyalakan convection oven gas dengan cara putar knop power yang ada pada bagian depan pintu. Pemutaran harus dilakukan searah jarum jam. Hal ini supaya proses pemanggangan tidak terganggu serta penutupnya bisa berfungsi dengan lebih kuat. 

Menyalakan Kipas Blower

Ini dia tahap yang cukup penting dan harus diperhatikan. Pertama, menyalakan kipas blowernya, caranya adalah dengan memutar knop dari kipas searah dengan jarum jam, letaknya adalah berada pada samping knop power. Pastikan bahwa kipas sudah menjangkau pada keseluruhan oven.

Mengatur Suhu

Anda tinggal mengatur suhu sesuai dengan yang Anda inginkan. Sesuaikan juga dengan roti yang akan di oven contohnya saja untuk adonan cookies, pastry, granola, puff pastry, croissant membutuhkan suhu 170 derajat celcius.

Masukkan Loyang dan Atur Timer

Setelah suhu dari convection oven gas ini mencapai yang telah ditentukan , Anda tingal memasukkan Loyang dengan isi adonan roti yang telah ditata sebelumnya. Kemudian atur timer  sesuai dengan waktu yang diinginkan. Nantinya panas atau proses peningkatan suhu juga disesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Kalau roti sudah matang, segera keluarkan dari oven ketika masih panas. Hal ini supaya roti segera mendapatkan udara luar sehingga roti tidak overcooked.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *