mata uang dollar

Kekurangan Deposito Berjangka Perlu Diketahui Para Nasabah

Produk perbankan yang ditawarkan kepada nasabah memang ada cukup banyak, salah satunya adalah tabungan deposito. Investasi deposito memang memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah deposit cocok untuk para pemula yang terjun untuk investasi. Tapi setiap ada kelebihan, pastinya juga memiliki kekurangan. Lantas apa saja kekurangan dari deposito? 

Kekurangan dari Deposito 

Deposito memang cukup banyak dipilih sebab ada berbagai kelebihan yang memang bisa menguntungkan para pengguna produk ini, seperti bisa membuat anda menyimpan simpanan lebih aman, memiliki suku bunga yang tinggi, dan sebagainya. 

Tapi seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika ada kelebihan maka tentunya juga memiliki kekurangan. Agar anda bisa meminimalisasi resiko yang bisa terjadi, maka perlu diketahui juga tentang kekurangan dari tabungan deposito. Nah, berikut ini lah beberapa kekurangannya yang perlu anda ketahui juga.

Nasabah Tidak Terlibat Langsung 

Bagi nasabah yang memilih produk deposit berjangka waktu, maka nasabah memang menjadi pemilik dana, tapi nasabah tidak akan terlibat langsung dalam pengolahan dana tersebut. Pihak bank lah yang memang mengelola sepenuhnya dari dana anda tersebut. Memang keuntungan yang didapat besar, tapi karena hal inilah anda tidak bisa mengetahui dan tidak dapat mendapatkan keuntungan secara penuh. 

Selain itu anda sebagai pemilik dana deposito harus tetap membayar pajak serta biaya pengelolaan keuangan tersebut. Ini jelas berbeda dengan reksadana dan saham, yang mana anda akan terlibat langsung dengan pengelolaannya.

  1. Ancaman Inflasi 

Kekurangan selanjutnya adalah adanya ancaman Inflasi. Tentunya anda sudah paham jika nilai uang setiap harinya tidak sama dan malah cenderung menurun, dengan harga kebutuhan yang makin meningkat lalu nilai uang semakin rendah, inilah yang disebut dengan inflasi.

Inflasi ini akan sangat berpengaruh pada suku bunga deposito berjangka. Hal ini lantaran bunga tersebutlah yang akan digunakan menutupi kekurangan. Jelas ini akan sangat berdampak pada deposito berjangka yang dapat turun.

  1. Keuntungan Rendah 

Memang deposito akan dapat menghasilkan keuntungan yang besar, tapi keuntungan besar tersebut didapatkan jika anda menyetorkan dana atau uang dalam jumlah yang besar juga, sedangkan jika simpanan anda rendah maka keuntungan juga rendah. Ya, deposito memang sangat bergantung dengan setoran yang anda berikan kepada bank. 

Jika dibandingkan dengan investasi saham, properti dan investasi lain, investasi deposito memang termasuk kecil, tapi meskipun begitu keamanan investasi deposito memang tinggi. 

Itulah beberapa kekurangan dari tabungan deposito berjangka. Segala sesuatu memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari deposito, maka anda bisa lebih bijak juga dalam memilih produk investasi, sehingga bisa memilih produk investasi yang cocok dengan kebutuhan. Jika memang kekurangan deposito dirasa cukup merugikan, maka bisa mencari produk perbankan lainnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *