ilustrasi kapasitas genset

Rekomendasi Variasi Kapasitas Genset

Tidak hanya cara menghitung kapasitas genset, tapi variasi genset pun juga perlu diketahui dengan jelas. Karena, selain kapasitas dan daya genset Anda pun juga harus menentukan jenis genset seperti apa yang Anda butuhkan. Dengan begitu, penggunaan genset pun sesuai dengan kondisi di tempat Anda dan pemakaiannya pun tidak akan berlebihan.

Jenis Genset Dengan Kapasitas Kecil dan Jenis Bahan Bakar

Diketahui ada beberapa variasi jenis genset yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang diinginkan. Jenis genset berikut ini berdasarkan dari penggunaan bahan bakar atau cara menggunakannya, antara lain:

  1. Genset Bensin

Sesuai dengan namanya, genset jenis yang satu ini merupakan genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Dimana kapasitasnya kurang lebih 1000 hingga 10 ribu watt. Genset ini memang banyak digunakan dan mudah dibawa kemana saja, karena ukurannya yang memang tidak terlalu besar dan pemasangannya pun cukup mudah.

  1. Genset Portable

Namanya juga portable, artinya genset jenis ini memang khusus untuk sesuatu yang serba praktis. Oleh karena itu, jenis genset ini pun cukup ringan dan mudah dibawa kemanapun dengan mobil pick up sekalipun. Biasanya digunakan untuk momen seperti acara berkemah di hutan.

  1. Genset Gas

Ada juga jenis genset gas, yang merupakan sebuah genset dengan penggunaan bahan bakar gas yang biasa disebut dengan CNG atau compressed Alami Gas dan juga LPG. Sehingga mudah didapatkan.

  1. Genset Urine

Jenis genset yang terakhir ini cukup unik, karena merupakan inovasi terobosan terbaru yaitu menggunakan bahan bakar urine. Jenis ini diciptakan oleh para pelajar Afrika yang mungkin terpikirkan untuk menciptakan genset yang berguna dalam keadaan darurat tanpa ada bahan bakar lain yang tersedia. Dimana 1 liter urine bisa menghasilkan pemakaian genset selama 5 jam.

Jenis Genset Dengan Kapasitas Besar dan Jenis Mesin

  1. Genset Diesel

Berikutnya adalah jenis genset diesel, yaitu genset yang berkapasitas tinggi dengan menggunakan mesin diesel. Yaitu, mulai dari 5 ribu watt hingga 2 juta watt untuk tempat berskala besar. Artinya, dengan kapasitas sebesar ini bisa digunakan dalam waktu yang relatif lama.

  1. Genset  Turbin 

Genset kapasitas besar selanjutnya adalah genset turbin, yaitu sebuah genset yang memiliki daya listrik paling besar di atas 2MW atau 2 juta watt.

Itulah beberapa jenis genset dengan masing-masing kapasitas genset yang berbeda-beda, serta menggunakan bahan bakar yang juga bervariasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *