Ilustrasi plat besi strip yang disusun untuk membangun sebuah bangunan

Pengertian, Kelebihan Dan Manfaat Plat Besi Strip

Pengertian Dan Kelebihan Plat Besi Strip

Pada dasarnya plat besi strip ini merupakan salah satu material yang cukup sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Jenis besi yang satu ini terbilang mudah ditemukan dipasaran mengingat jumlah permintaannya juga cukup tinggi. 

Meningkatkan jumlah permintaan di pasar sudah cukup menandakan bahwa artinya jenis besi yang satu ini memang menawarkan banyak kelebihan maupun keuntungan.  Berikut ini adalah beberapa kelebihannya. 

Anti Korosi

Kelebihan besi plat yang pertama adalah anti karat. Musuh terburuk bagi material besi adalah dimana rawan korosi yang dapat memicu terjadinya karatan. Namun tak perlu khawatir karena besi plat ini anti korosi sehingga tidak akan berkarat. 

Awet

Besi plat juga dikenal kokoh.  Ditambah lagi dengan sifatnya yang anti karat sehingga pastinya akan lebih awet meskipun digunakan jangka panjang. 

Fleksibel

Alasan banyak orang menyukai besi plat adalah karena jenis besi ini terbilang fleksibel. Dikatakan fleksibel karena mudah karena sangat mudah dibentuk. Hal ini artinya bisa dibentuk apapun sesuai dengan kebutuhan masing – masing. 

Proses Pengerjaan Cepat

Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa besi plat sangat mudah untuk dibentuk.  Yang mana hal ini menyebabkan proses pengerjaan menjadi lebih mudah dan juga cepat. 

Berdasarkan beberapa penjelasan diatas,  maka bisa disimpulkan bahwa besi plat ini memang menawarkan banyak sekali kelebihan.  Sehingga tidak mengherankan jika banyak diandalkan untuk berbagai keperluan. 

Kegunaan Plat Besi Strip

Secara garis besar plat besi strip memang cukup sering digunakan dalam bangunan.  Kira – kira apa sajakah fungsi dari plat besi strip ini? Berikut ini adalah beberapa diantaranya. 

Untuk Membuat Pintu

Manfaat pertama dari besi berjenis plat strip ini adalah untuk pembuatan pintu. Beberapa pintu yang menggunakan besi jenis ini adalah pintu rumah,  pintu pagar dan juga garasi. Alasan adalah besi ini mudah sekali dibentuk sehingga akan lebih memudahkan tukang las untuk membentuknya sesuai dengan keinginan. 

Untuk Alas Tangga

Ketika anda naik transportasi umum,  pastinya anda seringkali melihat alas seperti ukiran atau polosan pada bagian tangga bus. Inilah yang disebut plat besi dimana fungsinya agar tidak licin saat dilewati banyak orang. 

Untuk Lantai Rumah Tingkat

Selain sebagai alas tangga,  besi plat juga sering digunakan untuk alas lantai pada rumah bertingkat. Tentunya lantai dua dan seterusnya membutuhkan lantai yang kokoh agar ketika diletakkan berbagai furniture akan tetap kokoh. 

Disinilah peran besi plat yang akan melapisi lantai agar semakin kokoh.  Sehingga bisa leluasa menaruh benda apapun di atas ruangan pada lantai atas. 

Untuk Kanopi

Kanopi banyak digunakan sebagai atap teras depan maupun teras belakang.  Biasanya kanopi bisa menggunakan bahan apapun misalnya asbes,  seng,  polikarbonat,  kaca dan yang lainnya.  Sedangkan untuk kerangkanya,  kini sudah banyak yang menggunakan rangka dari bahan besi khususnya plat strip. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka bisa dikatakan sangat wajar jika besi jenis plat strip kian diminati mengingat kelebihan dan manfaat yang ditawarkan terbilang banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *