Ilustrasi admin ecommerce

Pentingnya Integrasi E-commerce dengan ERP

Banyaknya minat masyarakat yang menggunakan e-commerce dalam berjualan dan berbelanja, ERP menjadi software yang penting untuk di integrasikan dengan ecommerce. Pasalnya, ERP memiliki peran yang besar dalam membantu perusahaan untuk menjalankan bisnisnya lebih produktif dan kondusif. 

Agar dapat mengetahui pentingnya integrasi ecommerce dengan ERP, berikut kami rangkum dan paparkan alasannya, Simak ulasannya di bawah ini. 

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, kepuasaan pelanggan menjadi pengaruh yang besar untuk menentukan suksesnya usaha Anda. Semakin pelanggan merasa puas, maka semakin banyak pula pelanggan yang akan menggunakan e-commerce Anda. 

Integrasi ecommerce dengan ERP dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, pasalnya sistem ini dapat melacak dan memperoleh data dan informasi secara akurat. Dengan begitu, pelanggan dapat mengetahui pesanan yang telah berhasil dibuat. Dengan begitu, cara ini dapat mengurangi rasa kekhawatiran pelanggan. 

Selain itu, ERP juga membantu para karyawan dalam memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan. Dengan begitu, hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. 

  1. Mengurangi Kesalahan 

Sistemnya yang menggunakan teknologi canggih ini, memungkinkan untuk berkurangnya kesalahan yang mungkin terjadinya. Hal ini dikarenakan ERP membantu untuk menangkap data dan informasi secara otomatis, sehingga Anda tidak lagi membuatnya secara manual. Dengan begitu, dapat mengurangi kesalahan pada entri data. 

Oleh karena itu, penggunaan ERP ini sangatlah penting. Apabila Anda tidak menggunakan ERP system ini, maka akan lebih sering untuk terjadinya kesalahan, seperti persediaan yang tidak sesuai, alamat yang salah, informasi produk tidak lengkap, dan lain sebagainya. 

Kesalahan-kesalahan tersebut, tentunya dapat mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda. Maka, integrasi e-commerce dengan ERP sangat diperlukan. 

  1. Mengurangi Biaya Operasional

E-commerce yang telah diintegrasikan dengan ERP, tentu dapat menghemat biaya operasional. Hal tersebut dikarenakan ERP mampu menjalankan sistem yang kompleks di dalam perusahaan menjadi sesuai dengan cepat dan tepat. Dengan begitu, dapat mengurangi lead time. 

Selain itu juga, Anda bisa mengurangi biaya karyawan yang akan dikeluarkan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi dan menghemat biaya operasional. 

  1. Kemudahan dalam Pencatatan Pendapatan

Data dan informasi yang dihasilkan dapat dilakukan secara otomatis dan akurat oleh sistem, menjadikannya mudah dalam mencatat segala nomor penjualan. Data dan informasi ini pun tentunya akan lebih cepat, pasalnya setiap harinya informasi tersebut diperbarui. 

Dengan kemudahan tersebut, Anda hanya akan menentukan pendapatan untuk setiap harinya serta membuat laporan untuk jangka waktu tertentu. 

  1. Kemudahan dalam Mengatur Permintaan

Integrasi ecommerce dengan ERP membantu perusahaan Anda agar mampu meningkatkan serta menurunkan permintaan dari pelanggan. Pasalnya, cukup mudah dalam men-setting sistem ERP e-commerce. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menentukan produk yang nantinya akan dijual secara offline dan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *