sayur-sayuran di dalam blender

Cara Merawat Silent Blender, Lakukan ini Agar Blender Anda Awet

Silet blender sudah memiliki reputasi sebagai blender yang kokoh dan dapat digunakan untuk waktu yang lama. Namun itu tidak membuat silent blender bisa terus Anda gunakan tanpa melakukan perawatan. Jika tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin silent blender yang Anda milikiĀ akan mati total dan tidak bisa digunakan lagi.

Hal tersebut tentu akan menyulitkan Anda bukan?

Supaya hal tersebut bisa dihindari, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat silent blender supaya dapat dipakai untuk waktu yang lama. 

  • Takarlah Bahan Makanan dengan Tepat.

Supaya silent blender yang Anda miliki tidak mudah rusak, sebaiknya takarlah bahan makanan yang akan digunakan dengan tepat. Tepat yang dimaksud disini adalah menyesuaikan takaran bahan makanan dengan volume dari tabung blendernya.

Jika takaran bahan makanan tidak dimasukkan dengan tepat, mesin blender akan menjadi panas ketika dipakai dan bisa cepat rusak.

  • Perhatikan Batas Waktu Maksimal Pemakaian Silent Blender

Batas waktu maksimal pemakaian juga merupakan hal yang perlu diperhatikan jika ingin memakai silent blender. Silent blender memakai tenaga listrik untuk menggerakkan motornya yang bisa panas jika dipakai terlalu berlebihan, sehingga sebaiknya pakailah silent blender dengan tidak melewati batas waktu maksimal pemakaiannya.

Batas waktu maksimal tiap merk silent blender umumnya akan berbeda sehingga sebaiknya Anda pastikan dulu batas waktu maksimal dari merk blender yang Anda gunakan.

  • Membersihkan Blender Secara Teratur dan Menyeluruh

Supaya blender tidak meninggalkan bau tidak sedap setelah digunakan, dianjurkan untuk segera membersihkannya langsung setelah selesai digunakan.

Silent blender sebaiknya dibersihkan secara menyeluruh, Anda bisa  menggunakan kain bersih untuk membersihkan bagian mesin dari silent blender.

Sementara untuk tabung kaca dari blender, bisa dicuci dengan memakai sabun cuci piring lalu dibilas dengan memakai air yang mengalir.

  • Dijauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

Anak-anak selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Perasaan ini membuat mereka tertarik pada sesuatu yang menurut mereka menarik. Bentuk dan cara kerja silent blender bisa jadi menarik bagi anak-anak dan membuat mereka ingin coba untuk menggunakannya, tetapi sebaiknya Anda menjauhkan silent blender dari jangkauan anak-anak Anda.

Sebab cara pemakaian yang salah atau jatuh adalah hal yang rentan akan terjadi apabila blender dipegang anak-anak. Tentunya hal ini akan meningkatkan resiko kerusakan blender itu sendiri.

Karena itulah Anda disarankan untuk menyimpan silent blender di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menggunakannya bersama ketika Anda memasak sekaligus membiasakan mereka membantu di dapur.

Itulah beberapa cara untuk merawat silent blender supaya tidak mudah rusak, semoga informasi ini bermanfaat dan silent blender Anda awet dalam penggunaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *