jasa eksplorasi geohidrologi

9Istilah Asing Yang Sering Terdapat di Ilmu Geohidrologi Beserta Penjelasan Lengkapnya

Dalam ilmu geohidrologi terdapat beberapa kata atau istilah asing yang cukup membingungkan, namun sebenarnya hal tersebut cukup lumrah karena memang Sebagian kata tersebut berasal dari kata asing ataupun kata yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasan seputar istilah asing yang terdapat pada eksplorasi sumber daya bumi geohidrologi.

Istilah Asing Dalam Ilmu Geohidrologi

Istilah asing dalam ilmu geohidrologi ini juga penting untuk dipahami oleh orang yang hendak menggunakan jasa eksplorasi geohydrology dan juga bagi kalian yang ingin mempelajari ilmu ini. nah tanpa lama-lama lagi berikut istilah asing dalam ilmu geohidrologi dan penjelasannya.

  • Litologi

Litologi dalam ilmu geohidrologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi batu-batuan. Dahulu pengetahuan litologi ini digunakan pada sistem irigasi di Negara China dan Arab.

  • Akuifer 

Akuifer merupakan lapisan tanah yang paling bawah dan mengandung air, akuifer ini juga menjadi tempat distribusi atau tempat untuk mengalirkan air. Dari akuifer inilah mata air terbentuk, maka dari itu air tanah dapat diambil.

  • Confined aquifer

Confined aquifer atau akuifer tertekan merupakan lapisan tanah paling bawah (akuifer) yang mempunyai lapisan atas berupa sedimentasi atau batu yang kedap air. 

  • Unconfined aquifer

Unconfined aquifer merupakan atau akuifer bebas merupakan kumpulan air tanah yang dangkal, biasanya permukaannya tidak lebih dari 20 meter.

  • Air tanah juvenil

Air juvenil merupakan jenis air tanah yang berasal dari kerak bumi seperti air gunung api, air magmatic, dan air kosmik.

  • Air tanah konat

Air konat merupakan jenis air tanah yang terjebak diantara sedimen bebatuan atau gunung yang mengalami mineralisasi selama air terjebak disana, sehingga air konat mengandung kadar garam yang lebih tinggi daripada air laut.

  • Air tanah meteoric

Vados atau air meteoric merupakan jenis air tanah yang berasal dari atmosfer atau proses presipitasi (hujan) yang disebabkan oleh kondensasi awan yang telah bercampur dengan zat debu meteorit 

  • Aluvial 

Tanah aluvial merupakan salah satu jenis tanah yang terbentuk dari hasil endapan sungai, hujan, dan danau. Tanah aluvial ini juga merupakan tanah yang subur karena memiliki banyak kandungan air didalamnya.

  • Cekungan air tanah 

Cekungan air tanah atau CAT merupakan suatu wilayah atau daerah yang dibatasi oleh hidrogeologis.

Perbedaan Geohidrologi dan Hidrogeologi

Istilah geohidrologi kerap digunakan untuk seseorang yang ahli dalam bidang hidrogeologi atau seseorang ahli rekayasa yang mengabdikan dirinya dalam bidang geologi. Sedangkan hidrogeologi adalah kebalikannya, yaitu seseorang yang ahli dalam bidang geologi atau seseorang ahli rekayasa yang mengabdikan dirinya dalam bidang hidrologi. 

Sekian pembahasan seputar ilmu geohidrologi yang dapat disampaikan,. Jangan lupa juga untuk terus memelihara lingkungan dan sumber daya air bersama jasa eksplorasi geohydrology untuk membantu anda memaksimalkan potensi sumber daya air disana.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *