memilih sekolah yang tepat untuk anak dengan kurikulum cambridge

Apa itu Sekolah Kurikulum Cambridge

Di Indonesia para siswa bisa memilih untuk bersekolah di sekolah nasional ataupun sekolah swasta. Pada sekolah nasional maka kurikulumnya ialah kurikulum nasional yaitu seperti KTSP serta kurikulum 2013, sedangkan pada sekolah swasta lebih beragam lagi, yakni bisa mengikuti kurikulum nasional ataupun menggunakan kurikulum internasional seperti kurikulum Cambridge, dan lantas disebut sebagai sekolah kurikulum Cambridge.

Beda Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum Nasional

Perbedaan utama kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional ialah pada fokus utama mata pelajarannya. Pada kurikulum Cambridge siswa bebas memilih mata pelajaran yang disukainya sesuai dengan minat dan bakatnya untuk dipelajari secara fokus dan mendalam. Sedangkan pada kurikulum nasional seluruh siswa wajib mengambil dan mempelajari seluruh mata pelajaran yang ada, tanpa kecuali, dan lalu juga akan ada ujian serta syarat nilai minimal kelulusannya juga. Bahasa pengantar pada kurikulum Cambridge juga diutamakan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, dengan harapan siswa lulusannya lebih siap terjun di kancah internasional. SedangkanĀ  pada kurikulum nasional bahasa pengantarnya ialah menggunakan bahasa Indonesia.

Sekolah Kurikulum Cambridge di Indonesia

Hingga pada saat ini maka di Indonesia telah terdapat 218 sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge International. Sekolah tersebut tersebar ada sekolah kurikulum Cambridge di Jakarta, Semarang, Bandung  Balikpapan, lalu juga ada sekolah kurikulum Cambridge di Surabaya, dan Malang lalu juga ada sekolah kurikulum Cambridge di Tangerang, yaitu tepatnya di kawasan BSD, dan lain sebagainya. Cambridge merupakan lembaga pendidikan yang telah melegenda di Inggris dengan pengalaman berusia hingga ratusan tahun dan diterapkan kurikulumnya hingga di 160 negara. Kurikulum Cambridge dikelompokkan menjadi kurikulum pendidikan dasar atau primary bagi anak berusia 5 tahun hingga 11 tahun, lalu ada kurikulum lower secondary bagi anak berusia 11 tahun hingga 14 tahun. Kemudian ada kurikulum upper secondary bagi anak berusia 14 tahun hingga 16 tahun, serta kelas advanced bagi anak berusia 16 tahun hingga 19 tahun. Bagi suatu sekolah yang berminat untuk menerapkan kurikulum Cambridge International maka akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar 1.745 pound, dan iuran tahunan sebesar 2.800 pound serta biaya ujian yang dihitung secara per mata pelajaran. 

Kurikulum Cambridge sangat memperhatikan minat dan bakat anak, sehingga bisa saja bagi siswa yang senang belajar matematika, maka tidak harus belajar pelajaran sejarah, dan kesenian misalnya. Juga sebaliknya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *