Ilustrasi atap

Cara Memasang Multiroof Pasir Untuk Atap Rumah

Cara memasang atap multiroof pasir pastinya akan terkesan sulit bagi siapapun yang mungkin belum pernah memasangnya. Padahal, cara untuk memasang genting satu ini bisa dipelajari. Pemasangan dari jenis genteng satu ini sebenarnya cukup efisien dan dapat dikatakan mudah. 

Hal yang paling penting adalah jarak antara reng pada genteng sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya, berikut panduan yang bisa disimak. 

  1. Ukur Jarak Antara Reng Genteng

Seperti yang dituliskan sebelumnya, pemasangan genteng metal pasir ini sebenarnya cukup efisien dan mudah. Namun, ada satu hal yang harus dipastikan terlebih dahulu. Yaitu, jarak reng antara genteng metal pasir yang akan dipasang. 

Pemberian jarak reng untuk genteng ini harus mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari ukuran genteng, tebal genteng, sampai tingkat kemiringan atap yang dipasang. Jika, jarak sudah ditentukan. Maka proses pemasangannya akan jauh lebih mudah. 

  1. Pasang Reng Untuk Meletakkan Genteng

Setelah pengukuran selesai dan posisi reng genteng sudah ditentukan. Selanjutnya, Anda bisa langsung memasang reng genteng sesuai dengan ukuran yang dibahas sebelumnya. Reng genteng merupakan bagian pondasi yang penting untuk genteng karena itu pastikan untuk memasangnya dengan baik. 

  1. Pasang Genteng dari Posisi Atas

Setelah reng dipasang dengan baik dan sesuai dengan ukuran. Anda sudah bisa mulai memasang genteng pada reng. Pasang sesuai dengan pengukuran dan rencana yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Lebih baik, untuk memasang genteng dari posisi atas terlebih dahulu. Kemudian, lanjut ke bagian bawah genteng. Jika, Anda memasangnya dari bagian bawah terlebih dahulu. Atap multiroof pasir yang sudah terpasang sebelumnya akan terinjak-injak saat memasang bagian atas. 

  1. Sekrup Genteng Sesuai dengan Posisi 

Cara memasang multiroof pasir selanjutnya adalah melakukan penyekrupan pada genteng yang sudah terpasang. Memasang sekrup merupakan bagian yang penting pada pemasangan genteng. Sekrup inilah yang membuat genteng tetap utuh dan bertahan. 

Pasang sekrup menggunakan bor dari posisi tengah lebih dahulu. Untuk ketahanan yang lebih kuat. Terutama terhadap angin, lebih baik gunakan sekrup dengan ukuran 5 cm. Pastikan juga saat memasang sekrup, atap dan bagian reng sudah berada di posisi yang sempurna. 

Usahakan agar sekrup terpasang pada genteng dalam posisi yang lurus maupun horizontal. Posisi ini memastikan agar sekrup bisa menembus pada bagian depan reng maupun bagian belakang reng. 

  1. Pasang Nok Genteng pada Bagian Atas

Setelah bagian atas genteng selesai, Anda bisa melanjutkan pemasangan genteng dan sekrup ke bagian lainnya sampai rata. Jika, semua bagian sudah terpasang genteng, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasang nok genteng. 

Nok genteng merupakan bagian penutup yang dipasang di bagian atas rumah. Nok dipasang dengan tujuan menutupi celah antara pertemuan sisi genteng. 

Itulah cara memasang atap multiroof pasir yang bisa dipelajari. Genteng jenis ini memang sangat mudah untuk dipasang dan terbilang praktis. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *